Serba-Serbi Menikah

Saking fokus ke acara inti nikahan, saya sampai lupa sama persiapannya. Ada banyak hal yang saya lakuin di fase ini. Banyaknya sih dikerjain sendiri karena saya memang gak menggunakan jasa WO, kecuali untuk dekorasi dan kostum. Ini beberapa kegiatan yang sempat ketangkep kamera Raisan..


Beli cinderamata

Cinderamata bisa dibilang jadi salah satu pernak pernik wajib pernikahan. Saya sempat cari-cari di Internet tempat mana yang menyediakan cinderamata cukup murah. Rekomendasinya sih semua mengarah ke pasar-pasar di Jakarta, kayak pasar Esemka atau Tanah Abang. Tapi kata Mama, di Pasar Anyar Bogor pun ada beberapa kios cinderamata yang gak kalah bagus dan murah.

Walhasil, berbekal peta buta dari Mama, meluncurlah saya dan Raisan ke Pasar Anyar. Ternyata memang benar saya nemu beberapa penjual cinderamata. Pilihannya beragam dan harganya pun miring, bahkan ada yang Rp 500 per satuannya (harga 2017).

Saking banyaknya pilihan, saya akhirnya memutuskan untuk beli beberapa jenis yang gak terlalu mahal dan gak terlalu murah juga. Ada centong dan pisau pengupas kentang (ini titipan Mama, soalnya banyak tamu undangan yang ibu-ibu. hmm. Baiklah), ada gantungan vespa, ada tempat pensil anyaman yang bentuknya lumayan unik, dan ada pouch batik. Untuk 400 buah cinderamata, saya cuma ngeluarin bajet Rp 600 ribu aja lho.

Oia, selain cinderamata ini, Mama secara khusus nambahin 200 cinderamata bros sulaman yang dibuat dengan tanggannya sendiri. Hebat kan. Sementara thank you tag-nya didesain langsung sama Teteh. Yeay.

foto: Raisan Al Farisi
 
foto: Raisan Al Farisi

Ngepas baju

Karena harus kerja dan ngurusin segala tetek bengek yang lain, saya nyaris lupa ngepas baju pengantin. Baru beberapa minggu sebelum hari H saya cobain baju putih buat akad dan pesen baju hitam buat resepsi. Ibu rias udah punya beberapa model kebaya akad putih yang bisa saya pilih dan tanpa banyak mikir saya pilih model yang paling ciamik.

Sementara Raisan yang ikut ngepas baju ternyata agak sulit nemu baju untuk ukuran badannya. Semua kegedean. Hiks. Akhirnya ibu rias bilang dia bakal cari dulu baju yang ukurannya lebih kecil, untung masih ada waktu ya. Untuk setelan resepsi buat saya dan Raisan, katanya masih harus diproses sekitar seminggu.

foto: Raisan Al Farisi

foto: Fira Nursya'bani

foto: Raisan Al Farisi

Waktu saya bawa Mama dan Papa Bandung untuk ngepas baju beberapa minggu kemudian, baju hitamnya udah jadi. Yah lumayan lah, saya gak mau banyak komen juga, yang penting warnanya hitam hihi. Sayang, baju Raisan lagi lagi kegedean. Sabar yaa. 

foto: Raisan Al Farisi
Selain ngurusin baju pengantin yang cuma dua setel, saya juga harus ngurusin baju untuk Bapak dan Mama Bogor, juga Mama dan Papa Bandung. Selain itu, saya juga pilih sendiri baju untuk pagar ayu dan pagar bagusnya. Fiuh melelahkan juga ya. Tapi seruuu...

foto: Raisan Al Farisi

foto: Raisan Al Farisi

Belanja kain untuk panitia

Demi keindahan, saya menyisihkan sedikit bajet untuk beli kain buat para panitia nikahan yang seluruhnya adalah keluarga. Alhamdulillah Mama Bandung langsung semangat mau antar saya dan Raisan belanja di Pasar Baru Bandung. Siapa sih ibu-ibu yang gak semangat belanja ihihi.

Katanya Pasar Baru ini terkenal dengan barang-barangnya yang murah, tapi gak murahan. Awalnya saya mau beli kain brukat. Setelah dipikir-pikir, brukat harus disandingkan dengan puring dan itu berarti saya harus beli dobel dua kain. Gak praktis kayaknya ya (tetep ye itungan).

Mengingat sepupu saya yang jadi panitia itu buanyak buanget, saya akhirnya memilih untuk beli kain semi batik plus satin polos. Jadi saya gak perlu repot ngebedain antara panitia laki-laki dan panitia perempuan, semuanya satu corak.

Setelah liat-liat di beberapa toko, ada satu toko besar yang lumayan rame, yang memikat hati Mama. Saya bilang kalau saya mau kainnya warna merah marun, dan Mama langsung dengan sigap milih-milih batik warna ini. Gak pake lama, Mama udah nemu corak batik yang gak terlalu rame tapi tetap terkesan elegan. Dan tentunya harganya super miring, apalagi mau beli banyak.

Kain satinnya juga senada warna merah marun. Mama pilih kain yang agak licin biar kelihatan sedikit mewah, tapi lagi-lagi harganya gak mahal lho. Dari bajet Rp 3 juta, saya cuma ngabisin Rp 1,3 juta aja untuk bermeter-meter kain (jumlah pastinya lupa, karena lumayan banyak).

Alhamdulillah, Mama memang the best!

foto: Raisan Al Farisi

foto: Raisan Al Farisi

Siapin berkas KUA

Dari mulai nyiapin sendiri berkas masuk SMP, masuk SMA, masuk kuliah, ngelamar kerja, siapa sangka sekarang saya masuk dalam fase nyiapin sendiri berkas nikah. Memang gak ada yang mudah saat berurusan dengan berkas dan birokrasi. Tapi saya ngerasa selama proses ini sangat dimudahkan, oleh kelurahan Bandung, pak RT, kantor desa, pak Amil, sampai KUA Ciawi.

Awalnya saya dapet berkas dulu dari kelurahan Bandung, yang isinya beberapa form yang sudah dilengkapi dan ditandatangani Raisan. Lalu saya mulai melengkapi sejumlah persyaratan, misalnya fotokopi KTP saya dan calon suami, fotokopi KTP wali, fotokopi saksi dari kedua belah pihak, fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran, fotokopi ijazah terakhir, dan pas foto.

foto: Raisan Al Farisi

Setelah lengkap, saya serahkan semua ke Pak RT, nanti biar Pak RT yang urusin katanya. Untuk semua prosesnya, saya ngeluarin bajet Rp 1 juta, sudah termasuk biaya KUA Rp 600 ribu. Selang beberapa minggu, saya dan Raisan dapat surat dari KUA untuk ikut kuliah pra nikah di KUA Ciawi. Gedung KUA ini kebetulan sebelahan banget sama gedung resepsi nanti ihihi.

Awalnya masih agak bingung tuh ya kuliah pra-nikah itu kayak gimana. Ternyata sesampainya di KUA, petugas akan memeriksa berkas-berkas kita. Kebetulan bapak-bapak yang meriksa berkas saya dan Raisan ini orangnya kocak banget. Sambil dicek satu-satu, beliau ngasih wejangan-wejangan pernikahan ke kita berdua. Bapak ini juga gak lupa untuk ngedoain rumah tangga kita. Makasih Paaak...

Saya kira kuliah pra-nikahnya selesai dengan sistem penataran calon pengantin satu per satu. Ternyata abis ini saya dan Raisan diminta untuk kumpul sama lusinan calon manten lainnya di sebuah ruangan. Inilah kuliah yang sebenarnya. Sama seperti kuliah beneran, kuliah pra-nikah pun cukup membosankan.

Satu petugas KUA ceritanya bertindak sebagai dosen yang menerangkan tentang pengertian 'akad' dan 'nikah' dihadapan anak-anak mahasiswanya. Serius, selama beberapa puluh menit ini kita cuma dapat ilmu tentang pengertian dua istilah itu.

Di akhir perkuliahan, saya sempat nanya soal hutang piutang dan alhamdulillah dapat jawaban yang memuaskan. Terima kasih, Pak. Sampai ketemu di meja akad yaa.

foto: Raisan Al Farisi
foto: Raisan Al Farisi

Pengajian menjelang nikah

Seminggu sebelum hari H, rumah Bandung dan rumah Bogor ngadain pengajian dulu. Di rumah Bogor, pengajiannya cuma dihadiri keluarga, sekalian selametan undangan yang udah jadi dan siap disebar. Sementara di rumah Bandung, pengajiannya dihadiri keluarga dan tetangga-tetangga.

Setelah berbulan-bulan melakukan persiapan dengan penuh semangat dan keceriaan, momen pengajian ini jadi momen yang lumayan bikin kita terharu. Betapa momen pernikahan adalah momen yang sakral. Ijab kabul adalah pintu yang membukakan kita pada separuh penyempurna ibadah: rumah tangga.

foto: Raisan Al Farisi

foto: Raisan Al Farisi

foto: Raisan Al Farisi
Sebenarnya masih banyak yang lainnya, kayak survei tempat dari gedung satu ke gedung lainnya. Yang akhirnya orang tua setuju untuk pakai gedung tua di jantung Ciawi. Lalu ada juga persiapan belanja dan masak untuk katering.

Oh ya, saya juga ngebungkus seserahan sendiri lho di rumah. Kotak seserahannya gak banyak sih, cuma buat bingkisan terima kasih aja buat pihak cowok. Lalu di detik-detik terakhir acara, saya mendadak suntik Tetanus Tiroid di bidan. Dan yang paling seru adalah waktu saya dilulur dan dimasker khas penganten, yang fotonya tentu gak bisa diunduh ya karena seksi banget ihihi.

Alhamdulillah, dari awal persiapan khitbah sampai persiapan nikah, gak ada yang namanya drama, terutama drama antara saya dan Raisan. Emosi kita sama-sama stabil dan semua persiapan dilakukan dengan senang hati.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"