Long Time No Visit Kawah Putih

foto: Raisan Al Farisi

Ini bukan kali pertama saya mengungjungi lokasi wisata Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Waktu kuliah dulu, tahun 2010, saya pernah main ke sini juga, tentunya dengan suasana yang sangat berbeda.

Kayak gimana sih Kawah Putih di 2017 ini? Lebih bagus, lebih rapi, dan lebih keren. Satu pengunjung dikenai retribusi sebesar Rp20.000.

Kendaraan roda empat dipersilakan memarkir kendaraannya di parkiran atas dekat bibir kawah, kira-kira sejauh 1 km dari gerbang masuk. Tapi biaya parkirnya lumayan mahils, sekitar Rp150.000.

Kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang mau parkir di parkiran bawah, gak usah khawatir karena pihak mengelola sudah menyediakan kendaraan khusus bernama Ontang Anting.

Kendaraan ini mirip angkot berwarna oranye yang sudah dimodifikasi tanpa pintu dan jendela. Jadi, pengunjung bisa menikmati alam sekitar selama naik Ontang Anting. Kalau gak salah, Ontang Anting dikenai tiket tambahan sebesar Rp 15.000.

Jangan cari warung ya kalau sudah berada dekat di gerbang kawah. Warung-warung dan toko-toko hanya tersedia di pintu masuk utama. Di sini, pengelola cuma menyediakan musala dan toilet untuk pengunjung.

foto: Raisan Al Farisi

Dari tempat parkir, saya harus jalan sekitar 100 meter dengan melewati tangga untuk mencapai kawah. Dari kejauhan sudah tercium bau belerang yang khas dari kawah Gunung Patuha ini.

Keindahan kawah setelah bertahun-tahun masih belum berubah. Hamparan belerang berwarna putih kebiruan sangat memanjakan mata. Di sini juga gak banyak sampah dan gak banyak coretan-coretan.

foto: Raisan Al Farisi

Untuk bisa menikmati objek wisata ini, sebaiknya pengunjung sedia masker untuk sedikit menghalau bau belerang. Di pintu masuk banyak kok beberapa penjual masker seharga Rp5.000.

Walaupun sebenernya belerangnya gak terlalu menyengat banget, tapi lama-lama jadi pusing juga sih. Dan jangan lupa, buat yang gak tahan dingin, mesti bawa jaket. Buat yang doyan swafoto, mesti bawa tongsis.

foto: Raisan Al Farisi
Ada beberapa spot foto yang bagus dan bisa dieksplor. Tapi hati-hati, walaupun air kawahnya gak panas, tapi pengunjung gak boleh main-main air, apalagi berenang.

Kalau mau merasakan belerang Kawah Putih, bisa beli di penjual-penjual yang ada di situ seharga Rp 5.000-Rp 10.000.

Kawah Putih dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, sedangkan tiket sudah mulai ditutup sejak pukul 17.00 WIB. Yuk.



foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"